Kerajaan Hindu Talaga (Sunan Talaga Manggung)

Pemerintahan Sunan Talaga Manggung

Melanjutkan uraian terdahulu tentang masa Pemerintahan Prabu Darma Suci, kemudian tahta dilanjutkan untuk sementara dipangku oleh Begawan Garasiang, namun dia sangat mementingkan kehidupan kepercayaan sehingga akhirnya tak lama kemudian tahta diserahkan pada adiknya Sunan Talaga Manggung.
Sunan Talaga Manggung selanjutnya pindah dari Talaga ke daerah Cihaur Maja.


tempat sejarah talaga manggung

Sunan Talaga Manggung merupakan Raja yang terkenal sampai sekarang karena sikap dia yang adil dan bijaksana serta perhatian dia yang begitu besar terhadap agama hindu, pertanian, pengairan, serta kesenian dan kerajinan rakyat. Hubungan baik juga terjalin dengan kerajaan-kerajaan tetangga juga dengan kerajaan yang jauh, seperti dengan kerajaan majapahit, pajajaran, kerajaan cirebon, maupun sriwijaya.

Sunan Talaga Manggung mempunyai dua orang putra yaitu:
- Raden Panglurah, dan
- Ratu Simbarkencana.

Sunan Talaga Manggung wafat akibat penikaman yang dilakukan oleh suruhan Patih Palembang Gunung yang bernama Centangbarang. Setelah mendapat kabar Sunan Talaga Manggung (mertuanya) wafat, dengan berpura-pura Patih Palembang Gunung menengoknya tetapi keraton sudah tidak ada hilang ('hiang', bahasa sunda buhun) dengan seisinya menjadi situ yang sekarang disebut SITU SANGIANG.

Setelah mendapatkan keraton hilang, Patih Palembang Gunung menjadi raja di Talaga menggantikan Sunan Talaga Manggung dan memperistri putrinya yaitu Ratu Simbarkencana.

Tak lama kemudian Ratu Simbarkencana membalaskan dendam dan membunuh Palembang Gunung atas petunjuk Hulubalang Citrasinga dengan menggunakan tusuk konde sewaktu Palembang Gunung sedang tidur.

Dengan meninggalnya Palembang Gunung, kemudian Ratu Simbarkencana menikah dengan turunan Kerajaan Panjalu yang bernama Raden Kusumalaya Ajar Kutamangu dan dianugerahi 8 orang putera diantaranya yang terkenal sekali yaitu putera pertamanya yang bernama Sunan Parung.

bersambung ke......Masa Pemerintahan Ratu Simbar kencana dan Sunan Parung


Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
Kerajaan Hindu Talaga (Sunan Talaga Manggung)
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai Kerajaan Hindu Talaga (Sunan Talaga Manggung) bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!