Sejarah Nama 'Majalengka'

Sejarah bermula pada tahun 1819 terbentuknya karesidenan cirebon yang terdiri dari kabupaten Cirebon, Kuningan, Bengawan Wetan, Galug (Ciamis sekarang). Kabupaten Maja inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Kabupaten Majalengka.

Pembentukan Kabupaten Maja ini didasarkan atas 'Besluit' atau Surat Keputusan gabungan dari tiga wilayah atau distrik, yaitu Distrik Sindang Kasih, Distrik Talaga, dan Distrik Rajagaluh. Kabuapten Maja beribukota di kota Kecamatan Maja sekarang.

Bupati pertama Kabupaten Maja adalah RT Dendranegara. Kabupaten Maja mencakup wilayah Talaga, Maja, Sindangkasih, Palimanan, dan Kedondong.

\
alun-alun majalengka dulu



Tanggal 11 Februari 1840, keluar Surat Staatsblad No. 7 dan Beslulit Gubernur Jendra al Hindia Belanda No. 2 yang menjelaskan perpindahan ibukota kota kabupaten maja ke wilayah Sindangkasih yang kemudian diberi nama Majalengka. Kemudian nama kabupaten disesuaikan adengan nama ibukota kabupaten yang baru dari Kabupaten Maja menjadi Kabupaten Majalengka. 

Pemberian nama 'Majalengka' atau darimana asal-usul 'Majalengka' masih menjadi misteri. Nama Majalengka menurut Legenda adalah ucapan 'Majane Langka' berasal dari ucapan pasukan Cirebon dan Pangeran Muhamad serta Siti Armilah ketika tidak menemukan 'Buah Maja' setelah hutan pohon maja dihilangkan oleh Nyi Rambut Kasih, Ratu Kerajaan Sindangkasih. 

Dalam buku sejarah Majalengka  karya N. Kartika yang mewawancarai budayawan Ayat Rohaedi, nama Majalengka bila diatikan dalam bahasa jawa kuno yaitu kata 'Maja' adalah meraupakan nama buah, dan 'Lengka' yang berarti pahit, jadi kata 'Majalengka' adalah nama lain dari Majapahit. 

Majalengka sebagai ibukota kabupaten selanjutnya semakin dikuatkan deengan adanya Surat Staatsblad-1887 No. 159 yang mengatur dan menjelaskan tentangas-batas bat wilayah di Kotaar Majalengka.

Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
Sejarah Nama 'Majalengka'
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai Sejarah Nama 'Majalengka' bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!