Kerajaan Hindu Talaga (Batara Gunung Picung)

Pemerintahan Batara Gunung Picung

Kerajaan Hhindu di Talaga berdiri pada abad XIII Masehi, rajanya masih keturunan Ratu Galuh yang bertahata di Ciamis, dia adalah putra Ke-V yang masih ada hubungan darah dengan Raja Pajajaran yang dikenal dengan Prabu Siliwangi. Daerah kekuasaannya meliputi Talaga, Cikijing, Bantarujeg, Lemahsugih, Maja, dan sebagian selatan Majalengka.


museum sejarah

Pemerintahan Batara Gunung Picung sangat baik, adapun  agama yang dipeluk kerajaan ini adalah agama hindu. Pada masa pemerintahannya telah dibangun prasarana jalan penunjang perekonomian sepanjang 25 km, tepatnya jalur Talaga - Salawangi di daerah Cakrabuana.
Bidang pembangunan lainnya adalah pembangunan pengairan di Cigowong yang meliputi saluran-saluran pengairan di daerah Cikijing dan sekitarnya.

Pemerintahan Batara Gunung Picung berlangsung 2 windu. Raja berputra 6 orang yaitu:
- Sunan Cungkilak
- Sunan Benda
- Sunan Gombang
- Ratu Panggongsong Ramahiyang
- Prabu Darma Suci
- Ratu Mayang Karuna

Akhir pemerintahannya kemudian dilanjutkan oleh Prabu Darma Suci.

bersambung ke...... Kerajaan Hindu Talaga (Prabu Darma Suci)

Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
Kerajaan Hindu Talaga (Batara Gunung Picung)
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai Kerajaan Hindu Talaga (Batara Gunung Picung) bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!