Kerajaan Hindu Talaga (Prabu Darma Suci)

Seperti telah diuraikan pada Sejarah Kerajaan Hindu Talaga (Batara Gunung Picung), dimana pemerintahan Batara Gunung Picung selanjutnya diteruskan oleh Prabu Darma Suci.

Pemerintahan Prabu Darma Suci

Prabu Darma Suci disebut juga Pandita Prabu Darma Suci. Dalam pemerintahan raja ini agama hindu berkembang dengan pesat (abad ke-XIII), nama dia dikenal di kerajaan Pajajaran, Jawa Tengah, Jayakarta, sampai daerah Sumatera.



batu peninggalan sejarah

Tidak ada penjelasan nama asli  Raden Darmasuci I ini. Darmasuci I jelas merupakan gelar pemerintahan, bukan nama asli. Oleh karena nantinya akan ada penerusnya yang bergelar sama (Darmasuci).

Arti kata Darma itu sendiri berarti 'Dalem' dan dalam agama budha 'Darma' terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:
- Darma Bakti, adalah merupakan  Darma (tugas atau pekerjaan suci keagamaan dan sosial) dari rakyat biasa yang berbakti pada sesama dan negara.

- Darma Suci, adalah merupakan Darma (tugas atau pekerjaan suci keagamaan dan sosial) dalam tugas pemerintahan.

- Darma Agung, adalah merupakan Darma di tingkat yang lebih tinggi, bukan hanya di pemerintahan melainkan sekaligus dalam Kebataraan/Kebegawanan.

Jika menyimak sebutannya sebagai 'Darmasuci', tahap kedua dari kedarmaan Budha,  yang mengandung arti berdarma dalam pemerintahan, mungkin Darmasuci I ini yang memulai mendirikan 'kerajaan/kebataraan'. Tapi pada masa itu belum menjadi suatu kerajaan yang kelak disebut 'Kasunanan'(istilah masa agak baru) yang dikepalai oleh seorang Sunan dan bernama Talaga.

Gunung Bitung tempat Raden Darmasuci I relatif jauh dari Talaga (situ Sangiang), Kemungkinan lain Darmasuci I ini telah bergerak lebih ke utara dari Gunung Bitung dan bermukim di Darmalarang (sekarang Desa Darmalarang, Kecamatan Banjaran).

Darmalarang ('larang' dapat mengandung arti 'Suci'). Namanya Darmasuci, tempatnya Darmalarang. Atau, karena berada di Darmalarang maka sesebutannya Darmasuci.

Peninggalan uang masih ada dari kerajaan ini antara lain benda perunggu, gong, harnas atau baju besi. Pada Abad XIIX Masehi Prabu Darma Suci wafat dengan meninggalkan 2 orang putera, yakni:

- Bagawan Garasiang, dan
- Sunan Talaga Manggung

bersambung ke...........Kerajaan Hindu Talaga Masa Pemerintahan Sunan Talaga Manggung




Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
Kerajaan Hindu Talaga (Prabu Darma Suci)
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai Kerajaan Hindu Talaga (Prabu Darma Suci) bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!