'Sampyong' Seni Tradisional Asli Majalengka

Kabupaten Majalengka Jawa Barat yang terletak diantara perbatasan kabupaten indramayu di sebelah utara, kabupaten kuningan dan kabupaten cirebon disebelah timur, kabupaten ciamis dan kabupaten tasikmalaya di selatan, serta sumedang di barat, ternyata mempunyai kesenian tradisional khas yang harus dilestarikan, salah satunya adalah 'Kesenian Sampyong'

seni khas majalengka

Sejarah Seni Sampyong 

Konon pada tahun 1960 di daerah Cibodas, kecamatan Majalengka tumbuh sebuah permainan rakyat yang dikenal dengan 'Ujungan'. Permainan ini merupakan adu ketangkasan dan adu keuatan memukul dan dipukul dengan menggunakan alat yang terbuat dari kayu atau rotan berukuran 60 cm. Sasaran pukulan pada permainan Ujungan tidak terbatas hingga salah seorang diantaranya dikatakan kalah oleh seorang wasit yang memimpin pertandingan dan seseorang dinyatakan kalah apabila sudah tidak kuat lagi menahan rasa sakit.




Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
'Sampyong' Seni Tradisional Asli Majalengka
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai 'Sampyong' Seni Tradisional Asli Majalengka bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!