Darah Tidak Hanya Berwarna Merah

Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup tingkat tinggi (kecuali tumbuhan) yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut hasil metabolisme dan sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

merah darah


Darah manusia dan hewan-hewan vertebrata (bertulang belakang) berwarna merah. Warna merah pada darah disebabkan hemoglobin, yaitu suatu protein pernafasan yang mengandung zat besi. Hemoglobin berfungsi mengikat molekul-molekul oksigen hasil pernapasan untuk di edarkan ke seluruh bagian tubuh.

Kepekatan warna merah pada darah tergantung dari kandungan oksigen yang terikat. Jika darah kaya kandungan oksigen maka darah berwarna merah terang, sebaliknya jika kekurangan oksigen darah berwarna merah tua.

Pada serangga, oksigen langsung meresap kedalam plasma darah. Karena tidak mengandung hemoglobin darah serangga berwarna kuning atau hijau
Pada kelompok udang-udangan (crustacea) protein darahnya berupa hemosianin yang mengandung tembaga sehingga darahnya berwarna biru.
Lain lagi dengan cumi-cumi yang memiliki darah berwarna hijau muda, biru, atau kuning jingga karena mengandung vanadium kromagen.

Jadi darah tidak hanya berwarna merah.
Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
Darah Tidak Hanya Berwarna Merah
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai Darah Tidak Hanya Berwarna Merah bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!