Fakta Unik Tentang 'Tulang'

Setelah kita mengetahui seputar fakta unik tentang penyakit dan keunikan yang terkandung dalam darah pada postingan sebelumnya, sekarang kita akan mengetahui fakta unik tentang tulang manusia, yaitu:


tulang kerangka

  1. Seperempat tulang di tubuh kita ada di kaki
  2. Manusia memiliki tulang ekor yang berperan sebagai tempat melekatnya otot dan menjaga posisi anus
  3. Di Republik Ceko, ada gereja yang lampu gantungnya terbuat dari tulang manusia
  4. Tulang-tulang manusia dewasa memiliki berat 14% dari berat total tubuh
  5. Ada 54 tulang yang menyusun tangan dan pergelangan tangan kita
  6. Wajah manusia tersusun oleh 14 tulang
  7. Satu-satunya tulang yang telah tumbuh sempurna sejak manusia dilahirkan terletak di rongga telinga

Kehebatan Tulang Manusia:
Tulang atau kerangka adalah penopang tubuh manusia. Tanpa tulang tubuh tidak akan berdiri tegak.
Apa saja keistimewaan tulang? bayangkan saat melompat lalu mendarat, tulang akan akan menahan beban 3 sampai 4 kali berat badan namun tubuh tidak mengalami kerusakan, itu semua berkat kekuatan tulang.

Meskipun sangat keras, bagian dalam tulang ini terbuat dari jaringan berlubang atau berpori seperti sarang lebah madu. Berkat bentuk seperti itulah tulang sangat keras namun sekaligus cukup ringan.
Tulang sama sekali tidak lentur sehingga bisa patah atau retak hanya karena benturan ringan. Meski tulang ternyata mampu memperbaiki diri dan bisa tumbuh sendiri.

Pertumbuhan tulang juga begitu seimbang, tangan tumbuh ketika kaki tumbuh, begitu pula dengan jari-jari tangan dan kaki.
Selain itu, pertumbuhan setiap tulang berhenti pada saat yang tepat, tidak akan dijumpai salah satu tangan atau kaki panjang sebelah atau kedua kaki begitu pendek sehingga tidak sesuai dengan proporsi tubuh.


 
Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
Fakta Unik Tentang 'Tulang'
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai Fakta Unik Tentang 'Tulang' bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!