Cara Mata Melihat Dunia

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Melihat sebenarnya merupakan sebuah proses yang cukup sulit dan rumit. Lapisan tembus cahaya di bagian depan mata adalah kornea, tempat dibelakangnya adalah iris, fungsinya adalah sebagai pemberi warna dan sebagai diafragma yaitu pengontrol ukuran pupil untuk mengatur sinar yang masuk.

dunia dalam mata

Pupil adalah bukaan ditengah mata, ukurannya dapat berubah secara otomatis sesuai intensitas cahaya yang masuk. Di tempat gelap pupil akan membesar untuk memasukan cahaya sebanyak mungkin.
Pupil akan mengecil di tempat terang untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.

Setelah melewati pupil, cahaya cahaya akan bertemu lensa yang berfungsi memfokuskan cahaya pada retina. Ketika melihat objek yang jauh bentuk lensa akan menipis dan memanjang. Saat objeknya yang dekat, bentuk lensa akan menebal dan memendek. Perubahan bentuk lensa ini akibat kerja otot siliari.

Di retina terdapat sel-sel penerima yang dapat  mengenali tingkat cahaya dan warna. Sel-sel ini terdiri atas sel-sel batang dan kerucut. Sel batang berfungsi pada kondisi pencahayaan rendah dan mampu membedakan warna hitam dan putih. Pada kondisi pencahayaan yang tinggi sel kerucut lah yang berfungsi sehingga mampu membedakan semua warna. Sel-el penerima ini akan meneruskan rangsangan cahaya tadi ke pusat saraf penglihatan di otak. Dengan begitu, kita pun bisa melihat objek-objek yang ada di sekitar.
Allahu Akbar!!
Terimakasih Anda telah membaca tulisan/artikel di atas tentang :
Cara Mata Melihat Dunia
Ditulis oleh Cemonfcava
Semoga informasi mengenai Cara Mata Melihat Dunia bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda, kami sangat membutuhkannya.

Hatur nuhun !

Sobat blogging, setelah membaca konten silakan meminta saran dan berikan feedback yang konstruktif serta komentar yang relevan dan sopan. Thanx, Brad !!